-=-=Rumah si Penyihir=-=-



Detail tentang Game:

Nama Game: Rumah si Penyihir ver1.08
Pembuat: Tn. Fummy
Tipe Game: RPG Game "Horror Puzzle"
Software: RPG Maker VX
Website: http://majonoie.karou.jp/
Masalah dalam terjemahan: Sedang kuawasi, hmm...

================================================================================


Pengenalan Game:

Game Rumah si Penyihir ini merupakan salah satu game horror puzzle yang menurutku sangat menarik dan menegangkan. Disajikan dengan karakter cantik nan imut bernama Viola dan kucing hitam yang menjadi pendamping Viola (Walau cuman dijadiin tempat save doang). Berkisah tentang Viola yang mengunjungi sebuah rumah di tengah hutan yang sangat misterius. Banyak hal terjadi dan Viola merasa terancam dengan kejadian-kejadian tersebut kemudian berusaha mencari jalan keluar. Namun ternyata tidak semudah itu untuk lari dari kematian.
ya, walaupun itu aku menggunakan kata-kata dari web sebagai referensi lain untuk membuat kisah singkatnya. Dan ini beberapa catatan tentang game Rumah si Penyihir untukmu:
  1. Game horror ini hanya harus memecahkan misteri dengan petunjuk-petunjuk yang ada di dalam game, jadi... berjuanglah~,
  2. Mengandung unsur darah atau hal-hal yang tidak enak dipandang, diharapkan untuk tidak memainkan game ini jika anda tidak tahan dengan hal-hal tersebut,
  3. Mati instan tergantung pilihan yang anda pilih, berhati-hatilah,
  4. Item di sini tidak otomatis. Anda harus mandiri menggunakannya lewat menu,
  5. Si kucing hitam itu temanmu, bahkan bisa jadi tempat menyimpan data loh!
  6. Agar semakin menegangkan, direkomendasikan menggunakan headphones atau earphones.

================================================================================


Tinjauan Game:

Bisa dimainkan pada: Win 2000/XP/VISTA 32bit/7 32bit/7 64bit.
Perkiraan waktu bermain: 2-3 Jam.
Jumlah ending: 2.
Umur target: 12 tahun.(Ouch... hati-hati)
Tanggal rilis: ver1.00 pada 3 Oktober 2012.

================================================================================


Link Download:

Kalian hanya bisa mendownload The Witch House versi bahasa Indonesianya di Hitate, karena yak... ini sudah diberi izin langsung dari pembuat gamenya yaitu Fummy, jadi ini legal untuk dimainkan.
Sudah kutempatkan file gamenya pada 2 tempat download, um... sebentar akan kucari dulu...
Oh ini dia: Google Drive dan Media Fire

Kalau kalian merasa sultan, kalian bisa mendownload versi remaster (tentunya lebih di improve dibanding versi gratisnya baik pada grafik maupun in-gamenya) seharga $15 di Steam <- Klik ini

Bagi kalian yang bermain di Mac, kalian bisa gunakan software WineBottler untuk memainkannya.

Um..? Pengen bahasa lainnya? Kalian bisa mengeceknya di website The Witch House Official untuk versi translate-an di berbagai negara.

Direct Link:
http://majonoie.karou.jp/honyaku2.html | http://majonoie.karou.jp/a2.html (Untuk versi Jepangnya)

================================================================================


Screenshot:


================================================================================


Panduan (Walktrough):

Pada websitenya sudah ada sih walktrough, tapi mungkin kalau bulak-balik translate kan capek, ya udah aku translate-in aja ke bahasa Indonesia (Ngaku pake translate)
Kalau bisa sih yak, tamatin dulu gih semampunya. Soalnya pada panduan ini tersedia juga cara mendapatkan ending lainnya.

Spoiler


================================================================================

Permulaan
Kau tak bisa kemana-mana Ada jalan rahasia di sisi kiri map dengan mawar besar, ambil "golok" di sana,
di depan sekumpulan mawar kecil di awal map saat mulai bermain, pilih dan gunakan "golok"-nya dari menu.

(lihat dengan klik kemudian tarik mouse di box hitam/klik 2 kali/CTRL+A untuk melihatnya secara keseluruhan)

================================================================================


| Rumah Penyihir Lt.1 |

Ruangan dengan bercak darah
-> Jangan injak bercak darahnya. Baca saja catatan pada dinding kemudian kembali lagi.

"---"-nya tidak muat
-> Potong saja menggunakan gunting.

Bagaimana cara lewatin --- yang besar itu?
-> Lari saja kembali ke aula di sebelah kanan, nanti juga hilang.

Jangan ulurkan tangan
-> Ulurkan saja boneka beruangnya.

Ada sup tulang di sana, tapi tidak terjadi apa-apa
-> Geser kursi di sisi kiri meja makan dan baca catatan di atas mejanya.

Supnya beracun...
Petunjuk: Alat makan perak bisa mendeteksi racun. Coba cek deksripsi barangnya.
Nyontek: Gunakan kunci perak di depan supnya.

================================================================================


| Rumah Penyihir Lt.2 |

Pintu keluarnya tidak bisa dibuka walau sudah dapat Kupu-kupunya
-> Letakan Model Kupu-kupunya di tempat kau mendapatkan yang asli, dan kau bisa keluar.

Di mana aku bisa dapat sesuatu untuk mengikat buku?
-> Di tong di bagian sisi kanan ruangan dengan jaring laba-laba.

Ini Buku --- manfaatnya apa gan?
-> Letakan pada rak buku di sisi kanan-bawah ruangan dengan kaca-kaca.

Kalau bukunya sudah digunakan, aku harus bagaimana?
-> Tengkorak akan langsung memburumu ketika kembali. Kau hanya perlu memutarinya dan keluar dari ruangan tersebut. Gampang kok, jadikan tempat rak buku tadi untuk menggoceknya. Jangan lupa, kau juga bisa berlari dengan menekan SHIFT, SPACE, ENTER, atau Z.

Terus buku-buku di perpustakaan gimana?
-> Membacanya tidak akan berpengaruh pada progres permainan.

================================================================================


| Rumah Penyihir Lt.3 |

Pisaunya susah dihindarin
-> Coba lari di jalur kiri, itu akan memudahkanmu untuk melewatinya.

Bagaimana caranya membalikan tuas yang ada di seberang jembatan yang tipis itu?
-> Biarkan kataknya bekerja, jangan nge nolep (Gunakan kataknya).

Ini susah banget mengatur ruangannya agar bertolak belakang (cermin)
-> Ketika kedua ruangan sudah saling cermin, Sobek catatan di dindingnya.
(Kalau masih susah, ini gambarannya)

Apa maksudnya agar tidak tertipu di lorong gangguan?
-> Kau tidak bisa mengalihkan pandanganmu. Abaikan saja dan jalan santuy ke ujung ruangan (abaikan pisaunya juga).

Ada sesuatu di balik pintu...
Ketika menyadari terdapat jendela, dorong masuk kataknya.

================================================================================


| Rumah Penyihir Lt.4 |

Satu mata tertutup? Dimana itu?
Petunjuk: Cek lokasi yang dimana satu matanya tertutup dan satu lagi terbuka.
Nyontek: Ini loh, di sini (Maaf berantakan gambarnya).

Bagaimana caranya agar keempat ruangan bersuara?
-> Mainkan piano.
Nyalakan kotak musik dengan tepat.
Pukul labunya.
Buat jamnya berdetak.
Ketika semuanya sudah, pintu di atas ruangan dengan piano akan bisa dibuka.

Apa maksudnya "MATA BIRU MELIHAT HASILNYA"?
Petunjuk: Lukisan perempuannya melihat ke dinding di seberangnya, tapi yang matanya biru yang mana yak?

Apa sih maksud dari buku "Pelajaran Mata"?
Petunjuk: Cek meja rias dengan cermin atau buka menu untuk informasi tambahan.
Nyontek: Cek dinding di seberang lukisan perempuan berambut hitam.

Pintunya susah terbuka di ruangan dengan lukisan
-> Ketuk labu yang besar itu 4 kali.

Apa jawaban dari kuisnya?
-> Jam.

Kalau sudah dapat --- kosong, malah...
-> Pintunya pasti terkunci. Jadi cobalah gocek kemudian sobek lukisan dari perempuan tersebut.

Bagaimana caranya menyalakan kotak musik?
Petunjuk: "12" merupakan angka permainan kartu yang berhubungan dengan ruangan bagian kanan. Dan 12 itu adalah kartu...
Nyontek: Gunakan Kunci Ratu. Ketika keluar dari ruangan tersebut, jawabanmu akan dipertanggung jawabkan.

Terus, cara agar jamnya mengeluarkan suara gimana?
-> Dorong dan gunakan kursi ke depan jamnya untuk dijadikan pijakan. Gunakan kunci yang kamu punya, bebas.

================================================================================


| Setelah membunyikan suara di keempat ruangan |

Aku tidak bisa lewat ke ruangan setelah patung perempuan
-> Setelah bicara dengannya, kembalilah dan lihat ke ruangan sebelumnya.

Aku tidak bisa keluar setelah dapat cincin ---
-> Kembalikan sumpit emasn itu ke pemiliknya. Tepatnya di bagian tulang iga

================================================================================


| Rumah Penyihir Lt.5 |

Ini maksudnya gimana yak? Di ruangan dengan boneka?
-> Sesuaikan warna boneka dengan taplak mejanya.

Dimana obatnya?
Petunjuk: Bubuk dari Bunga Kuning itu...
Nyontek: Bicaralah ke Bunga Kuning bagian bawah meja makan dan dengarkan permintaannya. Sans.
Setelah itu, bicara ke Rumput Merah dan tanyakan bagaimana caranya X.
Lalu, X si Bunga Putih, bicara ke Bunga Kuning, dan kau mendapatkan bubuk putih.

Cara yang benar untuk X gimana?
Petunjuk: Tanya saja kepada rumput yang berwarna merah. Namun, coba ingat apa yang kau baca tentang mereka.
Nyontek: "Mencabutnya."

Terus, apa yang harus kubutuhkan untuk menggunakan obatnya?
-> Itu ada di ruangan yang sangat gelap. Pergilah ketika kau dapat sesuatu untung menerangi jalannya.

Terus, cara agar aku bisa menerangi jalannya gimana?
Petunjuk: Ketika si Bunga Putih terkena air hujan...
Nyontek: Ambil botol kosong di rak pada ruangan beracun.
Ambil kelopak dari Bunga Putih yang sudah kau cabut.
Di ruangan dengan tengkorak, atur mereka dengan benar, kemudian tarik tuasnya.
Hal tersebut akan mengaliri air ke ruangan dengan lubang besar.
Gabungkan kelopak, botol kosong, dan air untuk membuat botol bersinar.

Tanaman anehnya menghalangi jalan
-> Setelah memberikan obat dan lainnya ke tahanan, bongkar sangkar yang terjatuh.

Dimana aja sih tengkoraknya? -> Di bawah meja pada ruangan Bunga Kuning.
Setelah bertanya cara X ke Rumput Merah, tengkoraknya muncul di kursi dengan Buku Tanaman Berbicara.
Ada di salah satu rak di ruangan beracun.
Ada pada vas di lorong menuju ruangan tengkorak.

Gak ngerti ini gimana ngatur tengkoraknya...
Petunjuk 1: Awalnya ada di tengah, dia menolehkan kepalanya ke depan, kanan, kiri...
Petunjuk 2: Dari tengah, ada rute yang menurutmu lebih logis dengan pola depan-kanan-kiri secara berturut-turut kan?
Petunjuk 3: Jangan terlalu memikirkan apa yang dikatakan si prajurit pada dirinya, jika tengkoraknya menoleh ke kanan maka dari sudut pandangmu tetap mengarah ke "kanan".
Petunjuk 4: Biarkan tengkorak yang sudah terpasang itu memandumu, dari tengkorak menghadap ke depan berada di tengah, terus akan kemana dia pergi?
Nyontek: Kalau masih susah, ini deh gambarnya.

Terus, dinding tengkoraknya...
-> Kau bisa tinggalkan dengan menekan tombol konfirmasi. Tak ada ada apapun. Kau bisa abaikan event tersebut.

Apa yang harus kulakukan dengan sepatu --- ini?
Petunjuk: "Biarkan mereka berdarah," itu karena ia berdarah.
Nyontek: Gunakan sepatu merahnya di depan kolam air untuk membersihkan darahnya.

Gimana cara make boneka ---nya?
-> Gabungkan dengan boneka tanpa kepala.
Taruh bonekanya di ruangan yang sebelumnya banyak boneka.

================================================================================


ENDING

Terdapat dua ending yang disediakan,
Ending yang terbagi ketika menu save terakhir muncul.

Akhir Biasa (Normal End)
Keluar dari rumah tersebut tanpa melakukan sesuatu yang istimewa.
Walau kau mendapatkan item di hutan sesudahnya atau tidak, tidak ada hubungannya sama sekali.

Akhir yang Sebenarnya (True End)
Ketika mencoba kabur, cobalah pergi ke ruangan di sisi kanan-atas pada Lt.1 dan buka lemari di sana.
Setelah mendapatkan --- ---nya, gocek kemudian lari keluar rumah.

================================================================================


Apa yang terjadi setelah "True End"?

Walau hanya terdapat 2 ending, mungkin ada "sesuatu" yang terlewatkan ketika bermain.

Jika kau coba kembali sebelum ke titik tempat dimana si tokoh tidak bisa kembali, beberapa hal akan berubah.
Terutama, beberapa buku tambahan di perpustakaan Lt.2 ketika kau berusaha menamatkan game dan membaca beberapa buku harian.

Setelah mendapatkan "True End", "Cerita Lucu" di perpustakaan akan berubah menjadi buku tentang Ellen.
Hal ini akan disimpan pada berkas "global" save ketika benar-benar menyelesaikan gamenya setelah "True End" terjadi, dan itu akan terhapus dari awal ketika kau memulai permainan baru.
Dengan demikian, kau harus menyimpan progresmu terlebih dahulu di ruangan penyihir dan memuatnya setelah credit selesai.

Kau bisa terus bermain tanpa berbicara dengan si Kucing Hitam, artinya kau tidak butuh bantuannya. (Kau harus benar-benar tidak berbicara padanya APAPUN yang terjadi. Walau kau tidak menyimpan progres pada si kucing, itu akan tetap terhitung. Pengecualian untuk di bagian lorong gangguan pada Lt.3, Walaupun itu ada di versi gratisnya.) Jika kau melakukannya, dia akan berbicara denganmu di depan ruangan penyihir, ini mengarah ke beberapa perubahan kecil lainnya. Tn. Fummy menyebutnya dengan semu-ending ketiga, tapi kau bisa memilih ke salah satu ending yang ditentukan dari titik ini.

Tentang lorong "Jangan Terganggu":
Ketika kau tidak membaca catatan di ruangan sebelumnya, kau bebas bergerak ke sana-sini. Di v1.07 (Termasuk di MV), jika kau membaca peringatannya itu akan secara permanen teringat di sepanjang permainan. Coba hapus PublicData (atau common.rpgsave) jika kau ingin melupakannya. Kau harus benar-benar memainkannya dari awal dan dengan data yang baru. Jika kau mencoba membug kucingnya dan meminta bantuan darinya, menyimpan data di sana tidak akan dihitung sebagai no-saves run. (Hanya untuk versi gratis).

Yang baru di versi 1.07 (Termasuk versi MV-nya) ialah ending "-----", ini bahkan tidak dituliskan oleh Tn.Fummy pada readme. Untuk mendapatkannya... kau harus menunggu dari awal permainan ketika Viola bangun dan membiarkannya selama 1 jam. Kau tidak boleh bergerak ke area lain, dan waktu akan terus berjalan jika layar window dari game RsP aktif. Setelah 10 menit, si Kucing akan bosan dan memberitahumu untuk bergerak. 50 menit kemuduian, dia pergi. 1 jam kemudian, secara otomatis kau akan dipindahkan ke daerah selatan, di mana mawarnya menghilang. Kenapa mereka melakukannya? Di novel terakhir Diary of Ellen, terdapat penjelasan terkait hal tersebut. Ini juga cara yang praktis untuk membuktikannya sendiri, tetapi masih...


Bagi kalian yang memainkan versi MV-nya, terdapat mode baru yang dinamakan "Extra" setelah kalian berhasil menamatkan di mode Easy atau Normal, dan jika ingin melihat walktroughnya, lihat saja ke web aslinya The Witch House, atau untuk versi bahasa Inggrisnya ada di web vgperson, monggo~

================================================================================

Jika ada sesuatu tentang terjemahan ini, kalian bisa contact saya~ (emailku: delvanyt09@gmail.com)
Terima kasih!

================================================================================

Ayo kita pulang, Viola
Diberdayakan oleh Blogger.